Pengobatan Asma

Pengobatan asma sebenarnya belum bisa dipastikan secara tepat. Obat apa yang cocok dan sesuai untuk mengobati asma, namun saat ini banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan obat herbal tradisional yang berasal dari tanaman-tanaman herbal. Meskipun hanya sekian persen saja yang masih menggunakan obat tradisional dari bahan-bahan herbal untuk mengatasi dan mengobati asma.

Menurut suatu informasi, pengobatan asma dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni :

1. Terapi tanpa menggunakan obat yang dapat dilakukan dengan cara menghindari pemicu atau dengan terapi napas (senam asma).

2. Melibatkan obat-obat asma yang digolongkan menjadi 2, yaitu untuk penggunaan jangka panjang dan obat asma untuk penggunaan jangka pendek.

Obat jangka panjang memberikan pencegahan jangka panjang terhadap gejala asma, menekan, mengontrol dan menyembuhkan inflamasi jika digunakan teratur. Namun tidak efektif untuk mengatasi serangan asma akut. Beberapa obat jangka panjang, antara lain kortikosteroid inhalasi merupakan obat paling efektif beta-2 agonis aksi panjang, dan metil ksantin (teofilin) untuk mengatasi gejala asma pada malam hari (gejala noktrunal), kromolin dan nedokromil sebagai anti inflamasi.

Sedangkan untuk jangka pendek, obat bisa berupa obat-obatan bronkodilator (salbutamol, terbutalin dan iprattopium) dan kotrikosterid ketika serangannya sedang sampai berat. Untuk jangka panjnag dan pendek dapat digunakan obat-obatn sistemtik (prendnisolon, prednison,dan metilprednisolon).

Dalam wikipedia dijelaskan bahwa untuk pengobatan jangka panjang adalah inhaler yang mengandung agonis reseptor beta-adrenergik. Tetapi, penggunaan yang berlebihan bisa mneyebabkan terjadinya gangguan irama jantung. Jika pemakaian inhaler bronkodilator sebanyak 2-4 kali/hari selama 1 bulan tidak mampu mengurangi gejala, bisa ditambahkan inhaler corticosteroid, cromolin, atau pengubah leukotrien. Jika gejalanya menetap, terutama pada malam hari, juga bisa ditambahkan thephylline.

Pada dasarnya pengobatan bagi penderita asma dibagi menjadi 2 bagian, yaitu pengobatan rutin atau pengontrol asma dan pengobatan saat serangan sebagai pelega napas.

1. Pengobatan rutin. Obat jenis ini harus digunakan setiap hari untuk mencegah kambuhnya asma dan mencegah bertambah beratnya penyakit.

2. Pengoabtan saat serangan. Obat jenis ini harus digunakan bila timbul tanda-tanda serangan, seperti batuk, sesak, rasa berat di dada, atau penurunan fungsi paru. Penggunaan obat ini dapat mencegah timbulnya serangan asma yang berat.

Selain pengobatan dia tas, kita pun bisa melakukan pengobatan komplementer, meliputi terapi herbal, terapi nutrisi, olahraga renang, aromatherapy, akupuntur dan akupresur.

1. Terapi herbal dilakukan untuk menyembuhkan penyakit, seperti astragalus membranacious, glycyrrhiza glabra dan tanacetum parthenium.

2. Terapi Nutrisi. Pemilihan nutrisi untuk membantu penyembuhan. Vitamin C yang kita konsumsi dapat menaikkan imunitas, sebagai anti-oksidan dan anti-radang. Vitamin E yang kita konsumsi sebagai anti-oksidan dan memperlambat degenerasi. Selenium dapat meningkatkan fagositik sel darah putih dan menghambat produksi prostaglandin.

3. Terapi dengan olahraga renang. Lalu apa kaitan berenang di kolam dengan pengobatan asma? Udara kolam renang yang lembab dan basah baik untuk penderita asma.

4. Terapi aroma. Minyak atsiri bisa melegakan pernapasan, merelaksasikan dan melebarkan saluran pernapasan. Untuk penderita asma kronis, dapat diberikan masing-masing 5 tetes ravensara aromatica, thyme, madu mertyle, chamomile roma ditambah dengan 10 ml ekstrak echinacea dan 15 ml air, digosokkan pada leher disekitar tenggorokan atau di dada.

5. Terapi akupuntur merupakan terapi dengan menusukkan jarum ke titik-titik tubuh tertentu. Dapat mengatur energi (chi) yang berhubungan dengan organ internal dalam dan juga menyeimbangkan yin dan yang dalam tubuh.

6. Terapi akupresur. Pengobatan menggunakan pemijatan benda tumpul dan keras atau dengan jari sebagai pengganti jarum. Prinsipnya sama dengan akupuntur.


=====================================

>>> Obat Asma Untuk Meringankan dan Mengobati Penyakit Asma Beserta Gejalanya, Serta Memperlonggar Saluran Napas, Anti Peradangan, Antibiotik Alami, Analgesik dan Memperbaiki Organ Yang Rusak, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Asma, Obat Asma and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>