Asma

 Sesak napas yang sering dikeluhkan pengidap asma yang sangat menjengelkan. Apalagi jika kambuh lebih dari 1 atau 2 kali dalam seminggu. Asma dapat mengganggu kinerja dan akvititas seseorang sehingga terasa menjengelkan bagi penderitanya. Penyakit ini bahkan dikatakan sebagai biang kerok utama atas ketidakhadiran di tempat kerja dan di sekolah. Selain mengganggu aktivitas, asma juga tidak dapat disembuhkan, bahkan dapat menimbulkan kematian. Namun, bila penyakit ini dikendalikan, kematian dapat dicegah dan gejalanya pun tidak sering muncul.

Asma adalah suatu kondisi paru-paru kronis yang ditandai dengan sulit bernapas. Terjadi saat saluran pernapasan memberikan respons yang berlebihan dengan cara menyempit jika mengalami rangsangan atau gangguan. Secara garis besar, Asma adalah penyakit peradangan saluran napas kronis akibat terjadinya peningkatan kepekaan saluran napas terhadap berbagi rangsangan. Diperkirakan 300 juta orang di dunia menderita asma. Angka ini bisa jauh lebih besar kalau kriteria diagnosisnya diperlonggar. Di Indonesia, diperkirakan sampai 10 % penduduk mengidap asama dalam berbagai bentuknya.

Banyak kasus-kasus penyakit asma di masyarakat yang tidak terdiagnosis, yang sudah terdiagnosis pun belum tentu mendapatkan pengobatan secara baik. Belum lagi masalah biaya pengobatan, absen dari sekolah atau kerja, gangguan aktivitas sosial, serta pengaruh sakitnya terhadap orang-orang yang berhubungan dengan para penderita. Penyakit ini paling banyak terjadi pada anak dan berpotensi mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Alergi dapat menyerang semua organ dan fungsi tubuh tanpa terkecuali. Di samping itu, banyak permasalahan kesehatan lain yang menyertai berupa gangguan organ tubuh lain, gangguan perilaku, dan permasalahan kesehatan lainnya.

 

Keterangan dari gambar skema organ tubuh paru-paru  :

a. Skema tubuh dari paru-paru

b. Saluran pernapasan pada kondisi normal (bukan penderita asma)

c. Bentuk pembuluh udara dari paru-paru yang menderita asma yang mengalami penyempitan udara atau oksigen.

Asma dapat menyebabkan infeksi. Penyebab infeksi biasanya karena adanya kuman yang dapat berupa bakteri atau pun virus. Infeksi pada asma terjadi pada permukaan dalam saluran napas karena adanya virus influenza yang penyebarannya melalui udara. Infeksi terjadi karena bakteri biasanya disebabkan oleh bakteri pnemococus, staphylococcus, dan streptococcus. Sebenarnya, bakteri ini ada yang hidup normal dalam tubuh, namun jika kondisi tubuh menurun bakteri tersebut akan berubah menjadi jahat dan menyebabkan infeksi.

Kuman tersebut menimbulkan sakit di dalam tubuh yang berupa radang. Oleh karena itu, virus yang masuk ke dalam tubuh penyandang asma sering menimbulkan serangan asma. Hal ini dikarenakan protein-protein virus melalui mekanisme reaksi antigen, antibodi menyebabkan hipersensitif saluran napas sehingga timbul serangan asma.


=====================================

>>> Obat Asma Untuk Meringankan dan Mengobati Penyakit Asma Beserta Gejalanya, Serta Memperlonggar Saluran Napas, Anti Peradangan, Antibiotik Alami, Analgesik dan Memperbaiki Organ Yang Rusak, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Asma and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>